Minggu, 08 Februari 2009

Gambaran umum statistika Deskripftif dengan statistika Infrensia

Generalisasi yang berhubungan dengan inferensia statistik selalu mempunyai sifat tak pasti, karena kita mendasarkan pada informasi parsial yang diperoleh dari sehagian data. Untuk mernperhitungkan ketakpastian ini pengetahuan mengenai teori peluang mutlak diperlukan. Dengan membuang beberapa bukti yang memerlu­kan pengetahuan kalkulus diferensial dan integral, seseorang dapat mempelajari prosedur-prosedur statistik cukup banyak dengan berbekal hanya aljabar yang diperolehnya di sekolah menengah atas.

Semua usaha telah ditempuh untuk disajikan, sehingga semua bidang studi dapat mengambil manfaat sebesar-besarnya, apakah itu bidang ilmu pengetahuan alam, psikologi, bisnis, pertanian, ataupun kedokteran. Teknik dasar bagi pengumpulan dan analisis data adalah sama, tidak tiergantung pada bidang terapannya. Misalnya seorang ahli kimia melaksanakan suatu percobaan yang melibatkan tiga peubah dan kemudian mengukur jumlah produk yang dihasilkan­nya. Hasilnya kemudian dianalisis dengan prosedur statistik. Prosedur yang,sama dapat pula digunakan untuk menganalisis hasil gabah yang dipemleh dari suatu percobaan pernupukan yang menggunakan tiga macam pupuk; at.rupun untuk menganalisis banyaknya produk yang cacat yang dihasilkan oleh tiga huah mesin. Banyak metode statistik yang pada mulanya diterapkan dalam` bidang pertanian kemudian terbukti bermanfaat pula bagi bidang-bidang terapan lainnya.

Pada masa kini banyak perusahaan yang berpandangan maju mempekerjakan statistikawan untuk ditempatkan pada bagian proses pengendalian rnutu, atau membantu dalam program-program periklanan serta penjualan hasil produknya. Dalam bisnis, statistikawan dapat berperan dalam pengarribilan keputusan, mcnganalisis data deret waktu, atau rnernbuat bilangan indeks. Mem,rng, statistika adalah suatu alat ampuh jika diterapkan dengan henar. Penggunaan prosedur statistik secara sembarangan hanya akan membawa pada kesimpulan yang salah. Kita harus berhati-hati untuk menerapkan hanya prosedur yang benar dan efisien pada suatu kondisi tertentu, agar memperoleh informasi maksimum dari data yang dimiliki.

Prosedur yang digunakan untuk menganalisis kelompok data bergantung pada metode yang digunakan untuk mengumpulkan data tersebut. karena alasan ini, sangatlah diharapkan agar para peneliti atau siapa saja yang menggunakan statistika untuk berkonsultasi dengan statistikawan sejak dari awal perencanaan sampai hasil akhirnya dianalisis dan disimpulkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar