Minggu, 08 Februari 2009

sampel acak sederhana

DEFINISI sampel Acak Sederhana. Suatu contoh acak sederhana n penga­matan adalah suatu contoh yang dipilih sedemikian rupa sehingga setiap himpunan bagian yang berukuran n dari populasi tersebut mempunyai peluang terpilih yang sama.

Untuk populasi terhingga yang kecil, proses pengambilan contoh acak sederhana relatif mudah, namun dengan semakin besarnya populasi, proses ini menjadi semakin rumit. Untuk populasi terhingga yang kecil kita dapat menuliskan setiap anggota pada sepotong kertas kecil dan memasukkan ke dalam suatu wadah. Untuk mendapatkan contoh acak berukuran S, misalnya, kita cukup mengambil lima potong kertas dari wadah tersebut. Jika potongan-potongan kertas itu diaduk merata, maka setiap lima potong kertas mempunyai peluang terpilih yang sama.

Metode pengambilan contoh acak sederhana demikian ini dapat menjadi semakin rumit dan makan waktu bila populasinya semakin besar. Selain itu dapat timbul pertanyaan apakah semua potongan kertas tersebut telah benar-benar tercampur merata atau belum sebelum pengambilan contoh dilakukan. Sebuah cara yang lebih baik dan mungkin lebih menghemat waktu ialah dengan menggunakan tabel angka acak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar